Penyebab Komedo Dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab Komedo Dan Cara Mengatasinya Secara Alami –Komedo terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran, menyumbat pori-pori. Ada dua jenis komedo, yaitu komedo hitam (blackhead) yang tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, serta komedo putih (whitehead) yang tampak seperti benjolan kecil di bawah kulit. Walau mungkin Anda merasa gemas, hindari menghilangkan komedo dengan cara memencetnya karena bisa menyebabkan kulit iritasi, bahkan infeksi, dan bekas luka permanen.

 

 

Cara alami Bahan-bahan alami yang bisa kita temukan di dapur ternyata bisa membantu. Tapi, ada beberapa yang perlu dihindari karena dapat mengiritasi kulit, misalnya air perasan lemon, vinegar, baking soda, atau gula kristal.Sedangkan bahan yang bisa dipakai misalnya krim vitamin A, minyak tea tree, atau tanaman lidah buaya. Caranya adalah mengaplikasikannya langsung ke komedo. Penyebab Komedo utamanya adalah kurang mencuci wajah terutama setelah penggunaan make up .Dengan faktor usia serta meningkatnya hormon dapat memicu produksi minyak di kulit (baik laki-laki maupun perempuan)Namun, perubahan hormon rupanya tak hanya terjadi saat pubertas saja, tapi juga saat menstruasi, kehamilan, dan saat menggunakan pil KB.

Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan timbulnya komedo adalah:

1. Penggunaan kosmetik yang dapat menutupi pori-pori kulit
2. Banyak mengeluarkan keringat
Bercukur, yang dapat membuat folikel rambut terbuka
3. Stres atau kondisi lain yang berhubungan dengan perubahan hormon, seperti sindrom pramenstruasi (PMS) dan PCOS .Penggunaan obat steroid, seperti kortikosteroid

Cara Pencegahan agar Terhindar dari Komedo

1. Cuci wajah setiap malam, setelah beraktivitas.
2. Gunakan sabun muka yang lembut dan air suhu ruang.
3. Hindari menggosok wajah terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi.
4. Lakukan exfoliasi (pengelupasan dengan scrub) seminggu sekali untuk menghilangkan sel kulit mati.
5. Pengelupasan yang terlalu sering justru memperburuk kondisi kulit.
6. Cuci rambut secara teratur, terutama jika rambut Anda panjang. Minyak dari rambut juga dapat menyumbat pori. Selain itu, saat menggunakan produk untuk rambut selalu jauhkan dari kulit wajah.
7. Bersihkan smartphone, sarung bantal, dan sprei secara berkala untuk menghilangkan debu, minyak, dan bakteri yang dapat menempel di wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *